KEAJAIBAN SUNNAH : PERSPEKTIF MEDIS

Seri 1 : Berwudhu sebelum tidur

Aris Setyawan S.Kep., Ns., MHPE
Dosen Keperawatan STIKes Surga

Wudhu merupakan salah satu amalan sunnah sebelum tidur. Seperti yang telah di sampaikan oleh uswatun hasanah Nabi Muhammad SAW melalui sabdanya : 

"Jika kamu mendatangi tempat
tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat,
lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu" (HR. Bukhari no .2074) 

Sobat santri, selain bernilai ibadah, ternyata wudhu juga memiliki berjuta manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh.

Wudhu memiliki efek teraupetik seperti memberikan perasaan nyaman, menurunkan tingkat kecemasan, stres  dan meringkankan kerja jantung serta melancarkan peredaran darah. 

Selain itu wudhu yang di lakukan sebelum tidur secara ilmiah memiliki dampak positif dalam mengatasi masalah tidur seperti insomnia.

Efek air, gosokan, dan doa saat wudhu di yakini dapat meningkatkan hormon endorfin, yaitu sebuah hormon yang bermanfaat memberikan rasa nyaman dan rileks sehingga memudahkan seseorang untuk memasuki kondisi tidur serta dapat meningkatan kualitas tidur.

Selain itu istinsyaq (menghirup air ke dalam rongga hidung dan membuang kembali) yang dilakukan saat wudhu ternyata bermanfaat untuk membersihkan rongga hidung dari lendir yang mungkin terkontaminasi oleh bakteri, virus dan mikroorganisme lain yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan demikian saluran nafas menjadi bersih sehingga oksigen akan masuk sempurna ke dalam tubuh saat dalam kondisi tidur.

Komentar

Postingan Populer